Searching...
14:33

Mengenal Mesin CNC

CNC sendiri merupakan singkatan dari Computer Numerical Control yaitu mesin yang digunakan untuk proses manufacturing. CNC machining center sendiri merupakan salah satu jenis mesin cnc yang banyak digunakan dalam proses manufacturing.
CNC Machining center dapat melakukan proses machining apa saja, misalnya proses drilling, milling, boring, tapping, serta beberapa proses lainnya. CNC Machining center memiliki dua tipe yaitu, tipe vertical dan horizontal.

Unsur penting pada machining center mesin cnc

Linear Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara linear. Umumnya mesin machining center mempunyai 3 sumbu linear, yaitu X,Y dan Z axis. Pergerakan dari 3 sumbu tersebut adalah orthogonal.
Rotation Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara rotary (berputar). Pergerakan putar bisa di lakukan 1⁰ , untuk mesin Machining center tipe terbaru bisa di gerakkan 0.1⁰ . sedangkan kepresisian gerakan rotari axis umumnya 0.001⁰ pada cnc.
Automatic Pallet Change (APC) 
APC merupakan singkatan dari Automatic Pallet change. Artinya penggantian pallet di lakukan secara otomatis. Untuk proses APC, harus ada 2 pallet, 1 pallet berada di dalam mesin cnc dan yang lain ada di luar mesin. Untuk pallet yang berada di luar mesin di gunakan untuk memasang dan setting benda kerja yang belum di proses, sedangkan pallet yang ada di dalam mesin di gunakan untuk memproses benda kerja.
Mengenal MesinCNC
CNC Woodworking
Cutting Tool
  • Cutting tool adalah alat atau perkakas yang di gunakan untuk membentuk proses machining.
  • Drill (mata bor)
  • Tap
  • Cutter
  • Milling
  • End Mill
Magazine Tool, merupakan tempat parkir cutting tool. Semua cutting tool yang di gunakan dalam proses pada machining center di simpan dalam magazine ini.
Spindle, merupakan alat pemegang cutting tool untuk melakukan proses. Spindle dapat di putar sesuai dengan yang di inginkan, namun kecepatan maksimal putaran sesuai dengan spek dari motor spindle yang di gunakan. Contoh: 3,2 kw, 9 kw, dll.
ATC arm, berfungsi untuk proses pergantian tool pada mesin cnc, dimana arm mengambil cutting tool yang ada di magazine dan Tool yang ada di Spindle di taruh ke magazine. Proses pergantian tool dapat di lakukan secara manual, MDI (Manual data Input) maupun secara otomatis yang di sebut dengan istilah ATC (Automatic Tool Change).
Automatic Tool Change, sebagai penggantian tool secara otomatis, proses ATC secara simple adalah sebagai berikut:
  • Magazine menyiapkan tool yang akan di pindahkan ke area spindle.
  • Arm ATC mengambil tool dari magazine dan meletakkan tool tersebut ke spindle.
  • Jika pada spindle sebelumnya terdapat tool, maka tool yang ada di spindle di pindahkan ke port magazine sesuai dengan alamat sebelumnya.
Lubrication System, pada suatu proses machining sistem pelumasan adalah bagian yang sangat penting , system pelumasan yang baik sangat membantu mengurangi breakdown mesin akibat ke-aus-an pemakaian. Sistem lubrikasi otomatis dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan “cara manual pelumasan” sehingga lebih mudah dipantau dan lebih aman.

Penutup

Brand asal China mendominasi pada setiap usaha jasa cnc, karena selain harga jual yang relatif lebih murah, juga kemampuannya yang tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan mesin cnc Eropa dan Jepang. Namun memang, tidak semua brand asal China memiliki kualitas baik, khususnya diluar hal teknis seperti support dan aftersales.
Mesin Cnc Woodworking
CNC Woodworking
XYZ adalah salah satu brand asal China dengan kemampuan yang bagus, tersedia service center resminya di Indonesia, sehingga untuk kebutuhan support dan aftersales, dapat terlayani dengan baik, begitu juga untuk kebutuhan aftersalesnya.
Demikian informasi mengenai mesin cnc ini, terima kasih sudah membaca.

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!