Searching...
14:31

Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Polycarbonate

Bahan Polycarbonate adalah salah satu material dalam membangun rumah, gedung, atau bermacam bangunan lainnya. Banyak juga digunakan sebagai pelengkap untuk pembuatan bagian outdoor seperti canopy.
Kebanyakan memang digunakan sebagai atap, selain seperti canopy, juga bisa untuk atap gazebo, halte bus, dan lainnya. Bisa juga digunakan untuk pembatas seperti antara jalan raya dengan jalan setapak, lalu juga pada bidang advertising.
Ada beberapa kelebihan dari jenis bahan ini, serta juga kekurangannya, dan untuk penjelasannya leih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Kelebihan Bahan Polycarbonate

Ada beberapa kelebihan penggunaan bahan Polycarbonate ini jika dibandingkan dengan temper glass atau acrylic. Beberapa kelebihan dari jenis bahan ini antara lain:
1. Pemasangan lebih mudah, bahkan dikerjakan sendiri pun masih tidak sesulit jika menggunakan jenis bahan lainnya. Proses pemasangannya lebih cepat dan sederhana, serta tidak membutuhkan waktu yang lama.
2. Menyaring radiasi sinar matahari, bahan ini mampu menyerap sinar matahari hingga 90% jika dibandingkan bahan lain. Sehingga ruang pada bagian bawah yang diatapi dengan bahan ini tetap terang, karena tidak memblok sinar tersebut.
3. Tahan lama, ini adalah salah satu keunggulan dari bahan Polycarbonate, dapat digunakan dengan jangka waktu yang lama. Ukurannya tidak akan memuai ketika terjadi perubahan cuaca, ukuran akan selalu sesuai seperti ketika awal dipasang.
Bahan Polycarbonate
Polycarbonate
4. Fleksibel, mudah dibentuk karena sifat yang tidak terlalu kaku, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera. Lebih banyak digunakan dengan bentuk lengkung/oval atau datar.
5. Tidak bocor, ini juga salah satu kelebihan dari penggunaan bahan ini, tidak mudah bocor ketika hujan turun. Sehingga tidak perlu khawatir ketika musim hujan tiba, karena atap dengan bahan ini lebih kuat. Kecuali jika memang ada kesalahan dalam pemasangan, atau lubang yang dibuat dengan sengaja.
6. Ramah lingkungan, bahan ini sendiri terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, dan bahkan bisa di daur ulang. Sehingga penggunaannya lebih aman dan tidak berbahaya.
7. Banyak pilihan warna, ada terdapat beragam warna yang tersedia untuk jenis bahan Polycarbonate ini, menambah variasi atap. Bahkan ada juga model yang berbeda seperti dengan efek sandblast, lebih memperindah bentuk.
8. Berbentuk lembaran, kelebihan lain dari penggunaan bahan ini adalah dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan. Karena dijual dalam bentuk lembaran, bahkan ada yang dijual dalam ukuran permeter persegi. Ketebalan bahan mulai dari 1,2 mm sampai dengan 6 mm, sehingga bisa disesuikan keperluan.
Kelebihan lainnya dari bahan polycarbonate ini yaitu:
  • Ringan (10 -20 kali lebih ringan daripada kaca)
  • Memendarkan cahaya matahari
  • Hemat biaya dibandingkan kaca
  • 200 kali lebih kuat dari kaca dan 30 kali lebih kuat dari acrylic
  • 100 % bisa didaur ulang
  • Mudah dipotong dengan peralatan biasa, dibentuk lengkungan , dan mudah pemasangannya
  • Pelindung dari sinar ultraviolet
  • Bahan akustik yang sangat baik
  • Diakui oleh Greenship (Rating Bangunan Hijau)

Kekurangan Bahan Polycarbonate

Disamping kelebihannya, tentu saja ada juga kekurangan dari jenis bahan Polycarbonate ini, diantaranya yaitu:
1. Mahal, bahan ini memang memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan acrylic, sehingga harus benar-benar menyesuaikan budget. Namun masalah harga jual ini bisa diakali jika membeli hanya yang sesuai kebutuhan saja.
Solid Polycarbonate
Solid Polycarbonate
2. Sulit dibersihkan, dibandingkan dengan temper glass memang bahan ini lebih sulit dibersihkan jika tidak cermat. Contohnya adalah ketika ada rongga pada pemasangan, maka dapat menimbulkan jamur. Sehingga harus sedikit lebih teliti pada saat melakukan proses pemasangan.
Banyak tempat yang sudah menjual jenis bahan ini, bisa di browsing langsung pada Google untuk tempat yang menyediakan. Namun harganya berbeda dari setiap penjual, dan harga juga tergantung dari merk serta ukurannya.
Merk yang ada juga memiliki spesifikasinya tersendiri, baik itu produk lokal maupun import. Namun pada dasarnya dari segi ketahanan atau kemampuan tidak berbeda terlalu jauh.
Demikian informasi mengenai bahan Polycarbonate ini, semoga dapat membantu. Jika ada pertanyaan, silahkan mengisi kolom komentar dibawah.

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!